Beginilah Skenario ASDP Kurangi Antrean Pemudik di Pelabuhan Gilimanuk

Pucuk arus mudik di Bali diperkirakan akan berlangsung pada H-2 atau H-3 Lebaran. Beberapa persiapan dikerjakan di Pelabuhan Gilimanuk untuk kurangi antrean penumpang.

“Tentu saja kami menyimak kurun waktu lumayan panjang dari hari libur dapat sampai 11 hari, jika PNS ada cuti bersama dengan, cuma di Bali ini ada situasi ciri-khasnya berlainan bidang swasta lumayan tinggi. Berdasar pada pengalaman dari tahun tempo hari berlangsung arus pucuk H-2, H-3 (Lebaran),” kata Kepala Balai Transportasi Darat Bali-NTB (BTDB) Kementerian Perhubungan, Agung Hartono, selesai Rapat Pengaturan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Propinsi Bali di lokasi Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (21/5/2019).

Agung menjelaskan faksi PT Angkutan Sungai Danau serta Penyeberangan (ASDP) Ketapang-Gilimanuk lakukan menambahkan loket ticket untuk kurangi kepadatan antrean. Diluar itu, ASDP Ketapang-Gilimanuk menetapkan pembayaran nontunai untuk percepat service.

“Barusan dari ASDP Ketapang-Gilimanuk lakukan skenario menambahkan loket penjualan ticket hingga jadi 2x lipat hingga tidak lagi ada kelak antrean waktu beli ticket, terutamanya sepeda motor,” katanya.

“Tahun tempo hari H-2 itu sampai 17 ribu berarti hampir 1.000 /jam, ini yang diprediksi dengan skema cashless dengan e-money. Tidak memakai uang kontan yang memerlukan waktu sebab pengembalian itu butuh waktu lama,” sambung Agung.

Skema pembayaran dengan uang digital ini, menurut Agung, telah berlaku semenjak akhir tahun kemarin waktu Natal-Tahun Baru. Untuk memudahkan warga, beberapa loket top-up atau pengisian uang digital disiapkan.

“Cashless telah diawali tahun tempo hari saat Natal-Tahun Baru , tetapi saat ini pintu servicenya kan diperbanyak hingga warga lebih mempermudah jadwal kapal pelni antrean. (Efisien) Megurangi antrean, lalu ada tempat top upnya. Ini kan telah memiliki pengalaman di selama ini dipasang pengumuman lewat banner, sosmed di instagram,” tutur Agung

Terpisah, General Manager PT Angkutan Sungai Danau serta Penyeberangan (ASDP) Ketapang-Gilimanuk Fahmi Alweni menjelaskan faksinya telah mempersiapkan 56 kapal angkutan mudik Lebaran.

“Gagasan angkutan Lebaran Ketapang- Gilimanuk, pertama satu diantara teamnya kapal yang kami sediakan untuk angkutan Lebaran ini 56 kapal yang nanti bekerja /hari untuk dengan masing 7 dermaga. Untuk dermaga 1,2,3,4 kami memploting di isi lima kapal, serta tujuan trip kami /hari 567 trip,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *