Berita Baru Jika Kakorlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Ketapang Saat Mudik Lebaran

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri lakukan sidak ke Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Korlantas memeriksa persiapan service arus Mudik Lebaran 2019.

Datang di Pelabuhan ASDP Ketapang, Irjen Pol Refdi Andri diterima Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi. Kepala Cabang ASDP Ketapang Banyuwangi Fahmi Alweni lalu memberi pemaparan berkaitan eksperimen jalan raya waktu Mudik Lebaran di Pelabuhan Ketapang serta Gilimanuk.

“Eksperimen jalan raya kita kerjakan di dua pelabuhan. Arus Mudik Lebaran akan berlangsung pada H-3 Lebaran serta arus balik akan berlangsung pada H+3 Lebaran,” tutur Fahmi Alweni, Sabtu (18/5/2019).

Fahmi menjelaskan, jalan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk adalah pelabuhan terpadat untuk trip kapal di semua Indonesia. Dalam 24 jam, pelabuhan yang menyambungkan Jawa-Bali dapat melayani 600 lebih penyeberangan.

“Bila dibanding dengan Merak-Bakauheni cuma separuhnya. Merak-Bakauheni cuma seputar 200 lebih trip,” imbuhnya.

ASDP Ketapang sudah mempersiapkan 56 armada kapal dengan jumlahnya kapal yang bekerja /hari sekitar 32 unit. Untuk dermaga di semasing bagian pelabuhan ada 7 dermaga. Hingga keseluruhan ada 14 dermaga yang bekerja.

“Kami sediakan kapal pertolongan yang sedang kami kemukakan ke Dirjen Perhubungan. Semoga selekasnya turun izinnya untuk diperbantukan di Ketapang-Gilimanuk,” imbuhnya.

Untuk menghadapi kenaikan pemudik PT ASDP sudah memberikan tambahan jumlahnya loket. Semasing 10 unit di Ketapang serta 11 unit di Gilimanuk. Untuk harga menurut dia masih sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dalam kunjungan itu, Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Refdi Andri akui persiapan yang dikerjakan Pelabuhan Ketapang dinilai begitu siap. “Semua hal yang dikerjakan di Ketapang serta Gilimanuk telah di-manage demikian rupa. Hingga kenyamanan buat warga yang mudik serta balik jadi lebih nyaman,” katanya selesai mengevaluasi Ketapang.

Ia menerangkan arus Mudik serta Balik di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sesudah disaksikan angka pergerakannya semakin banyak yang ke arah ke Ketapang. Sesudah mereka melakukan cuti libur dan lain-lain, merujuk pada tahun kemarin kembalinya tidak serempak kapal pelni.

“Meskipun begitu persiapan Pelabuhan Ketapang tidak ada yang kurang untuk melawan operasi yang dikerjakan kepolisian dengan sandi operasi Ketupat,” imbuhnya.

Tentang akses jalan ke Pelabuhan, menurut dia lumayan bagus. Akan tetapi selama jalan masih ada truk yang berhenti atau yang lamban. Truk yang lamban, kata Ia, bisa saja sebab lebih muatan atau juga bisa sebab dimensinya yang tidak cocok.

Tetapi ia memberikan keyakinan pada waktunya kelak baik pemerintah pusat atau wilayah akan lakukan penetapan jumlahnya angkutan bahkan juga penetapan angkutan truk pada golongnan tersendiri.

“Hingga angkutan truk itu tidak lamban di jalan, patah as atau berhenti,” ujarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *