Berikut Bekas Pabrik Gula Colomadu Disulap Menjadi Gedung Konser

Sisa Pabrik Gula (PG) Colomadu di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, disulap berubah menjadi gedung convention hall berskala internasional dengan nuansa heritage. Sisa pabrik yang dibuat di masa KGPAA Mangkunegara IV pada tahun 1861 ini diproyeksikan dapat menyimpan 3. 000 orang waktu pertunjukkan.

Pemakaian kembali sisa PG Colomadu dilaksanakan lewat kerjasama beberapa Tubuh Upaya Punya Negara (BUMN) , yaitu PT Pembangunan Perumahan (PP) , PT Taman Wisata Candi, serta PT Layanan Marga Property. Lewat kerjasama itu, setelah itu dibuat konsorsium PT Kerjasama Colomadu.

Baca Juga : Harga Kabel Listrik

PG Colomadu sendiri sudahlah tidak beroperasi mulai tahun 1998. ” Kami mulai menyelesaikan di sisa PG Colomadu pada April 2017, ” papar General Manager (GM) Konstruksi PT Kerjasama Colomadu Edison Suwardi waktu didapati di tempat project sisa PG Colomadu, Minggu (22/10/2017) siang.

Waktu ini, pelaksanaan project sudah meraih 56%. Saat mulai kerjakan, situasi sisa PG Colomadu benar-benar memprihatinkan. Karena, bangunan banyak yang hancur serta beberapa sisa mesin pabrik banyak yang hilang atau kurang. Sisa PG Colomadu sampai kini belumlah tertulis jadi bangunan atau benda cagar budaya (BCB) . Akan tetapi, pihaknya tdk mengingkari kalau sisa pabrik gula yang berjarak kurang lebih 1 km. dari Bandara Adi Soemarmo itu memang pantas berubah menjadi BCB. Waktu ini, status BCB tengah diurus ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Dalam pemakaian kembali eks PG Colomadu, bangunan lama terus dipertahankan. Tetapi, terus dibutuhkan penguatan susunan bangunan pokok di sisa pabrik yang saat ini tengah ditangani. ” Atap atapnya kami bongkar serta ditukar, ” pungkasnya

Dalam proses ini, pihaknya terus menggandeng BPCB Jawa Tengah. Revitalisasi bangunan pokok sisa pabrik seluas 13. 000 mtr. pada dasarnya terus ikuti skema yang ada. Lewat cara teristimewa, gedung convention hall berkualitas internasional dapat jadikan tempat konser, hingga bakalan ditambahkan peredam nada supaya tdk menyebabkan kerusakan susunan bangunan. ” Februari tahun 2018 didambakan udah bisa dimanfaatkan untuk pertunjukan. Idenya dapat mengundang vokalis David Foster, ” tukasnya.

Artikel Terkait : Harga Upah Borongan Pekerja Tukang Bangunan

Diluar itu, akan juga dibuatkan tempat pertunjukan outdoor pada bagian segi timur dengan latar belakang cerobong pabrik gula. Diluar itu pun dibuatkan museum yang memperlihatkan riwayat perjalanan PG Colomadu. Revitalisasi disadari tdk main-main lantaran diproyeksikan habiskan dana kurang lebih Rp2 triliun yang terdiri dari tiga babak.

Untuk babak pertama yang menyelesaikan bangunan pokok, nilainya kurang lebih Rp200 miliar di tempat seluas 6, 4 hektare dari keseluruhan luas sisa PG Colomadu yang meraih 22 hektare. Dalam project babak pertama, beberapa bangunan dibongkar lantaran dianggap tdk termasuk juga BCB, seperti sisa balai penyembuhan karyawan serta tembok pagar pabrik.

Anggota Soeracarta Heritage Society Fendi Fauzi menyatakan kaget serta bertanya-tanya lantaran eks PG Colomadu nyatanya belumlah diputuskan jadi BCB. ” Kami benar-benar menyayangkan serta aneh sekali lantaran bangunan bersejarah begitu belumlah masuk BCB, ” tegas Fendi.

Muncul pertanyaan apa situasi mirip pun dirasakan sisa pabrik gula yang lain yang sudah ditutup, termasuk juga juga PG Tasikmadu, Karanganyar, yang saat ini masih tetap beroperasi. Seperti eks PG Colomadu, PG Tasikmadu pun dibuat oleh pemimpin di Pura Mangkunegaran. Dari kabar yang diperoleh dari PT Kerjasama Colomadu waktu menyaksikan langsung tempat pembangunan, sampai kini yang dirobohkan merupakan bangunan yang tdk termasuk juga BCB lantaran dibuat kurang lebih tahun 1970. ” Sejumlah bangunan pokok yang lain terus dipertahankan, termasuk juga sisa rumah masinis, ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *