Mau Tau, Cara Menikmati Bali Saat Galungan

Orang hindu di Bali tengah rayakan Hari Raya Galungan menjadi sebagai hari kemenangan dharma (kebaikan) menantang adharma (keburukan) , yang jatuh ini hari Rabu (26/12) .

Menurut adat, perayaan Galungan dikerjakan dalam satu serangkaian panjang yang di mulai dari 25 hari sebelum Galungan atau yang diketahui dengan adat Tumpek Wariga, sampai 35 hari sesudah Galungan atau yang diketahui dengan adat Pegat Wakan. Akan tetapi banyak pihak yang cuma memandang Galungan serta Kuningan menjadi rangkaiannya.

Menurut informasi yang disatukan dari beberapa sumber, berikut cara-cara nikmati Bali waktu perayaan Galungan berjalan.

Akan tetapi ada perihal yang butuh jadi perhatian oleh wisatawan, konsisten hormati umat Hindu yang tengah bersembahyang maupun tempat ibadahnya.

Waktu hari raya Galungan datang, semuanya umat hindu di Bali akan penuhi Pura. Mereka ramai-ramai kenakan pakaian tradisi yang didominasi warna putih.

Beberapa wanita kebanyakan ikut membawa sesaji terdapat buah-buahan fresh yang di letakkan dalam satu wadah logam berkaki, serta meletakkannya diatas kepala dengan alas kain tradisionil.

Apabila sejauh ini iklan pariwisata di Bali selamanya memperlihatkan panorama ini, karena itu waktu Galungan datang kemewahan itu dapat didapati hampir di tiap-tiap pojok pulau Dewata.

Melihat Ngelawang

Ngelawang adalah adat dalam rayakan Hari Raya Galungan serta Hari Raya Kuningan di Bali. Ngelawang datang dari kata lawang (pintu) , hingga miliki arti pementasan yang dikerjakan dari rumah ke rumah ataupun dari desa ke desa dengan memanfaatkan barong bangkung (barong berwujud figur babi) .

Artikel Terbaru:

Adat ini datang dari mitologi Dewi Ulun Danu yang menjadi seseorang raksasa, untuk mendukung masyarakat desa menundukkan roh jahat. Dulu ritual ini termasuk sakral, akan tetapi sekarang Ngelawang jadikan pertunjukan seni yang dibawakan oleh anak-anak, dengan mengarak barong keliling desa serta dibarengi dengan gamelan.

Kagum pada Penjor

Apabila disaksikan sesaat bentuk penjor menyerupai dengan janur pemberi tanda upacara pernikahan. Penjor Galungan kebanyakan dipasang sekurang-kurangnya di hari Penampahan atau satu hari sebelum hari raya Galungan.

Arti penjor dalam Galungan melambangkan pertiwi bhuwana Agung, serta ikon gunung yang memberikannya kesejahteraan serta keselamatan. Itu pemicu penjor berisi banyak unsur, dimulai dengan hasil bumi, sampai kain.

Penjor kebanyakan dipasang di pojok jalan, hingga bisa menjadi latar belakang yang unik untuk berswafoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *