NTB Buka Peluang Kerja Sama Pendidikan dengan Polandia Simak Ulasanya

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr Zulkieflimansyah bersama Istri Ketua TP PKK NTB Niken Saptarini Zulkieflimansyah serta rombongan beberapa Kepala Dinas Pemprov NTB menjajaki kerja sama sektor pendidikan serta investasi dengan Pemerintah Propinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia.

Pertemuan Gubernur Zul serta rombongan dengan Marshal (satu tingkat gubernur) Propinsi Kujawsko-Pomorskie Piotr Calbecki serta deretan Kepala Dinasnya di Kota Lama Torun, merundingkan beberapa bagian yang dapat dilakukan tindakan jadi kerja sama pada dua propinsi.

Baca Juga : Cara Menghitung Pesangon Karyawan (PHK)

” NTB punyai banyak kekuatan sama seperti Polandia, terutama Propinsi Kujawsko-Pomorskie, dimulai dari tujuan wisata desa kuno sama seperti desa-desa kebiasaan di Lombok serta Sumbawa, sampai bagian pertanian serta bioenergi, ” papar Gubernur Zul, Kamis (6/12/2018) .

Untuk Marshal Piotr Calbecki, kunjungan ini jadi kejadian tidak ternilai. Untuk Marshal yang telah menjabat saat 4 periode ini, bermacam kesempatan kerja sama atau paduan pada dua propinsi di bermacam bagian usaha serta industri, juga termasuk pendidikan terbuka.

” Menarik, sebab kami telah punyai beberapa usaha disana, seperti skuba diving workshop di Lombok serta investasi di sektor pembangkit daya di Sumbawa. Kujawsko-Pomorskie ikut punyai Nicolaus Copernicus University, universitas paling tua serta paling besar di lokasi ini, ” kata Marshal Piotr.

Di kota kelahiran filsuf Copernicus ini, pengiriman beasiswa putra-putri NTB ke Torun jadi materi perbincangan pokok. Sampai sekarang, program beasiswa mahasiswa S2 Propinsi NTB sudah memberangkatkan 18 awardee ke Collegium Civitas of Warsawa serta Vistula University of Warsawa dari bulan Oktober sampai November 2018. Pada Februari 2019, akan diberangkatkan kembali 200 mahasiwa-mahasiwi NTB ke Vistula University of Warsawa, sama seperti yg sudah di sepakati dengan Chancellor Vistula University of Warsawa, Prof Zdzislaw Rappacki pada 15 November 2018 saat lalu.

Salah satunya universitas yang jadi maksud di Kota Torun ialah Nicolaus Copernicus University (NCU) . Tidak hanya sains (kimia, biologi serta fisika) sebagai kurikulum pentingnya, Prof Buszewski ikut tawarkan beasiswa di sektor pertanian, pemrosesan, olah-raga, musik, serta astronomi.

” Tidak banyak orang-orang tahu jika di sini 50% bagian pekerjaan yang ada ialah pertanian. Karena itu sains kami juga kedepankan pada industri pemrosesan hasil pertanian, tidak hanya bioteknologi atau bioenergi. Serta ingat jurusan musik, terutama piano yang disadari jadi salah satunya yang terpilih di Eropa. ” jelas Prof. Buszewski.

Istri Gubernur yang sekalian Ketua TP PKK Pemprov NTB ikut menuturkan masalah pembangunan kemampuan serta kwalitas manusia, termasuk juga kontribusi wanita di berapa bagian yang ditingkatkan di NTB, khususnya di pendidikan, kesehatan, serta bahkan juga sosial politik.

Artikel Terkait : Cara Menghitung Kubikasi Kayu dan Pasir

” Siapa tahu di universitas NCU ada jurusan yang pas serta sama dengan sektor human capacity building, kami akan begitu suka buat kirim putra-putri kami kesini. Termasuk juga transisi pelajar di tingkat SMA pada NTB serta Torun atau kota lainnya di Propinsi ini, saat 3 sampai 6 bulan umpamanya, ” tutur Ibu Gubernur.

Kerja sama jadi sister-city pada Propinsi NTB serta Kujawsko-Pomorskie jadi kekuatan sangat sangat mungkin diwujudkan dalam kurun waktu secepat-cepatnya. Dari kerja sama itu, diinginkan bisa menggenjot arus investasi dari Polandia ke Lombok serta Sumbawa, terutama di sektor pariwisata, pembangkit daya baru serta terbarukan, dan pengaturan sampah serta kotoran. Saat yang sama, pengiriman masif mahasiswa dari tingkat strata satu sampai doktoral, ikut paralel buat dikebut lewat nota kesepakatan yang dibikin beberapa pimpinan universitas NTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *